After Graduation!

Akhirnya setelah sekian lama bisa nulis juga..
Setelah perjuangan Tugas Akhir yang panjang dan melelahkan..
It all comes to an end…

4 tahun yang lalu, eh 4.5 tahun yang lalu, ga kepikiran juga bisa ‘lolos’ dari perkuliahan di teknik mesin ITB ini,  dari orang yang kecebur, dan ga ngerti apa-apa mengenai dunia perteknik-mesinan, agaknya merupakan kerja yang cukup keras, mungkin lebih keras dari yang lain, dengan tantangan yang luar biasa, dan beban yang cukup menyiksa.

I do work my butt off to get out of this college. but after all, everything was paid off. and seeing my Mom and my Dad sitting there together smiling, and feeling happy for what i’ve done. it’s way more than enough. thank you Lord. thank you 🙂

Satu hal yang tidak disangka-sangka adalah, yang paling saat ini saya rindukan, ternyata berkumpul sama temen-temen di Mesin, khususnya mesin 2008. padahal dulu sok sokan banget ga main sama anak-anak mesin malah main sama temen-temen dari jurusan lain, hahaha. mungkin sekarang kena batunya sih.

A Wiseman once said: “sometimes you feel like you missing the people, but it’s actually you missing the memories”

Well in my case, i strongly believe that i do miss the memories, AND i also miss the people.

Dimanapun kalian berada, teman-teman Mesin 08 tercinta,
I Hope that we are going to the right direction, and may success always be upon you guys. Don’t ever forget your friends 🙂 Solidarity Forever!

Magang

“Mad kenapa si lo lebih memilih magang dibanding kerja dimana gitu kek”

Pertanyaan diatas sering banget saya denger semenjak lulus dari ITB (padahal baru seminggu). Tapi itu terjadi, pertanyaan diatas memang sering muncul.

Saat ini saya sedang magang di salah satu Unit Pemerintahan namanya UKP4, yang merupakan kependekan dari, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan bagian Open Government Indonesia. Unit ini berada di bawah Presiden dan dikepalai oleh Dr. Ir. Kuntoro Mangkusubroto, MSIE., MSCE.

Seperti namanya, Unit ini bertugas untuk mengawasi kinerja dari Kementerian dan Lembaga yang berada di bawah Presiden. Atau bisa dibilang, waktu Presiden terpilih, beliau kan punya janji, dan punya visi misi yang diturunkan ke Kementerian dan Lembaganya, nah UKP4 itu bertugas untuk menjaga si kementerian dan lembaga ini tetap berada di jalurnya supaya visi dan misi Presiden bisa terlaksana dan memuaskan rakyat. (sisanya coba googling deh takut sok tau berhubung baru 5 hari kerja)

Walaupun namanya terdengar serem, dan kalau mendengar kata-kata yang berbau Kepresidenan tuh pasti kaku, konservatif, dan terlalu birokrat, ternyata UKP4 ini agak beda dibanding sama yang lainnya. atmosfir kerjanya, orang-orang di dalemnya, suasanya kantornya, dan semuanya, sangat berkebalikan dengan impresi birokrat tersebut.

Waktu pertama interview dan ditanya suruh bawa apa, jawaban dari pegawai UKP4 nya adalah:

Siapkan gagasan terbaik anda sebagai bahan diskusi. (cool, huh?).

Ada satu hal lagi yang saya kagumi dari suasana kerja di OGI UKP4, waktu hari pertama kerja di sisipan email kami ada kata-kata:

“Oh ya, satu lagi juga, budaya kerja di sini adalah egaliter. Semua kerja sama-sama, semua bisa minta tolong ke siapa saja, dan kalian berhak mengungkapkan opini dan ide kalian kepada siapa saja di sini. Itu juga salah satu alasan kenapa di sini ruang kerjanya bareng-bareng (tidak ada ruang kerja terpisah), untuk memudahkan diskusi kapan saja.”

Dan itu yang saya rasakan waktu hari pertama kerja, tiba-tiba ada meeting dan kami anak baru juga ditanya mengenai pendapat kami dan opini kami mengenai bahan diskusi tersebut. untuk ukuran anak baru, saya sangat merasa dihargai dan memacu saya untuk menunjukkan lebih dan lebih lagi kedepannya.

Tidak hanya sistem kerjanya, orang-orang yang kerja di dalamnya juga sangat inspiratif. banyak muka-muka yang tidak asing yang memang saya sudah tahu prestasi-prestasi mereka. kalau pernah nonton Kick Andy episode Indonesia Mengajar, 2 dari beberapa narasumber pengajar mudanya itu kerja di OGI UKP4 juga. terus ada yang pernah jadi Sekjen di IndonesiaMUN di UI, dan masih banyak lagi. Working there, is very very intimidating, trust me. Ga hanya itu, beberapa orang yang sekarang lagi kerja di OGI UKP4 juga sudah ada beberapa yang akan melanjutkan studinya di jenjang selanjutnya, ada yang di Harvard University, New York University, Duke University, you name it. Salah satu dari manager nya pun ada yang lulusan dari Wesleyan University yang lulus dengan predikat CumLaude. Ga cuma yang kerja disana, yang magang disana juga ga kalah, ada yang pernah mewakili Indonesia di Global Youth Summit di London, dan ada juga yang pernah ikut OSN. awesome, rite?

Suasana kerja kayak gini yang gabisa dibeli pake duit, oke saya ga munafik bahwa saya juga butuh duit untuk hidup, tapi percayalah, kalau kita mau sabar sedikit lagi, mau susah sebentar lagi, mau usaha lebih keras lagi, pasti akan banyak hal yang bisa kita dapat dengan jauh lebih baik dari dugaan kita.

“It’s Funny how life can always surprise us. I can’t say that if you asked me 10 years ago about how i want to become today, i would never answer your question exactly like what’s happening right now. And I love surprises :D”

Image
My OGI UKP4 team!
Advertisements

4 thoughts on “After Graduation!

  1. Wow lo magang di UKP4 Mad? Cool!! Isinya orangnya keren2, termasuk lo juga lah ya :p One word for your last paragraph : AMIN. Haha, great spirit bro, semoga semua yang baca ikut termotivasi. Sukses terus cuy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s