December 1st

today, people around the globe celebrate World AIDS Day.

why? setelah membaca-baca dari berbagai sumber, here some stories about why people celebrating AIDS day, today.

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia.

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988. Bunn menyarankan tanggal 1 Desember untuk memastikan liputan oleh media berita barat, sesuatu yang diyakininya sangat penting untuk keberhasilan Hari AIDS Sedunia.

sumber : http://forum.kompas.com/internasional/48344-hari-aids-sedunia-dan-inilah-sejarahnya.html

banyak sekali orang-orang di twitter or facebook mempertanyakan, why we have to have world AIDS day. nah, simplenya sih menurut saya,

1. Meningkatkan akan awareness orang-orang mengenai HIV/AIDS

soalnya, banyak dari kita yang kurang tahu mengenai HIV itu sendiri. sehingga dogma yang timbul pada saat orang bicara AIDS, adalah AIDS is scary, the people who infected with AIDS is a monster. sort of like that lah ya. nah dengan awareness tiap tahun, diharapkan semakin banyak orang yang tercerdaskan mengenai HIV/AIDS, so when we treat people with HIV, we can treat them like human as they are human.

2. Membantu para ODHA untuk menjalani hidupnya, sekali lagi

ODHA atau Orang Dengan HIV AIDS (sebutan untuk orang-orang dengan HIV/AIDS) tidak pernah memilih untuk terjangkit HIV/AIDS dalam hidupnya. dan dogma dari masyarakat menyebabkan banyak dari mereka yang merasa hidupnya sudah berakhir karena orang-orang disekitar yang belum tercerdaskan menyebut mereka monster or else. jadi, dengan adanya peringatan ini, diharapkan kita semakin tau bagaimana cara mentreat ODHA tersebu, cause after all, they are human, like us.

3. Mencegah Penyebaran HIV/AIDS

dengan adanya awareness AIDS Day ini, WHO dan organisasi kesehatan lainnya di dunia juga turut mengkampanyekan pencegahan dan penularan HIV/AIDS sehingga masyarakat bisa lebih hati-hati lagi dengan HIV/AIDS.

segitu aja sih saya rasa. semoga dengan membaca ini, makin banyak orang yang aware dengan HIV/AIDS dan bisa membantu proses pencegahan dan penularannya without menjauhi para ODHA yang justru seharusnya kita membantu mereka untukl mencari alasan mereka buat hidup lagi, dan mengejar mimpi mereka.

beside that, today is my birthday also. haha

so to all over people around the globe who has birthday same with me today, HAPPY BIRTHDAY. Godspeed!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s